Pages

Senin, 25 November 2013

10 Metode dan Tips Menjadi Siswa Yang Berprestasi



1. Niat Dalam Belajar
Meluruskan niat dalam belajar untuk menambah pengetahuan. Saat keinginan belaar muncul, segeralah belajar. Jika mempunyai tujuan dan niat belajar. Jika mempunyai tujuan dan niat belajar, akan lebih mudah fokus pada apa yang dipelajari.

2. Jangan Malu Bertanya
Jika ada hal atau materi yang belum elas, tanyakan kepada guru, teman, atau orang tua. Semakin banyak bertanya kita mendapat informasi lebih banyak tentang hal-hal yang belum dipahami.

3. Mendengarkan Penjelasan Guru Dengan Baik
Sebagai siswa yang ingin selalu berprestasi, sebaiknya selalu memperhatikan penjelasan gru dengan seksama.    Ketika belajar di kelas, yang harus dilakukan adalah mendengarkan dan mencatat penjelasan guru. Catat hal penting yang tidak ada di dalam buku atau materi yang kirang dimengerti karena materi tersebut akan keluar saat ulangan. Selalu siap jika disuruh menjawab pertanyaan dan berani mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan.

4. Mengulang Pelajaran Yang Telah Diajarkan Di Sekolah
Siswa pulang sekolah, selalu mengulang pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Gunakanlah waktu luang untuk membaca dan membuat catatan/rangkuman. Ini akan sangat membantu kita dalam menghafal/mengingat dan memahami pelajaran.

5. Kerjakan PR (Pekerjaan Rumah) Dengan Baik
Jika mempunyai pekerjaan rumah, jangan malas untuk mengerjakannya. Menunda pekerjaan rumah akan merugikan diri sendiri. Jika pekerjaan rumah dikerjakan dengan terburu-buru, maka hasilnya tidak akan maksimal. Belajar kelompok adalah cara yang mudah untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Istirahat Yang Cukup
Belajar sebaiknya jangan berlebihan dan memaksakan diri. Tubuh kita perlu beristirahat. Oleh karena itu, jangan hanya belajar pada saat akan ulangan saja. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari antara belajar, istirahat, bermain, dan memabantu orang tua. Kita harus mampu disiplin membagi waktu.

7. Banyak Berlatih Pelajaran Yang kurang Disukai
Sering berlatih menjawab soal-soal pelajaran adalah cara menguji diri sendiri. Apabila lemah pada satu mata pelajaran, ikutilah kurusu, atau les pada guru yang menguasai materi.

8. Mengikuti Kegiatan Organisasi Dan Ekstrakurikuler Yang Disenangi
Dengan mengikuti organisasi, siswa dapat berlatih mandiri, disiplin, dan bersosialisasi. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, siswa dapat mengembangkan bakat dan mengisi waktu luang untuk menyegarkan pikiran.

9. Mempunyai Seorang Pembimbing Yang Baik
Pembimbing Terbaik adalah buku, guru, dan orang tua. Selain belajar sendiri, kita pasti membutuhkan bantuan jika menemui kesulitan. Buku, Guru, orang tua, dan teman yang pandai adalah pilihan untuk membantu kesulitanmu.

10. Jangan Suka Menyontek Teman
Menyontek membuat siswa menjadi malas belajar dan suka bergantung pada orang lain. Jujurlah dalam mengerjakan ulangan. Mencontek berarti juga berbohong, mencuri, dan curang. Kebiasaan seperti ini mencerminkan siswa yang tidak baik dan mandiri.

0 komentar:

Posting Komentar